Dampak Covid-19 Terhadap Kinerja Keuangan dan Kinerja Layanan Badan Layanan Umum di Indonesia

Main Article Content

Donny Maha Putra

Abstract

Pandemi COVID-19  berdampak  turunnya kinerja layanan dan keuangan mayoritas  satuan kerja  Badan Layanan Umum (BLU) di Indonesia. Indikator kinerja keuangan diukur menggunakan rasio pendapatan operasional belanja operasional yang dikenal dengan istilah rasio POBO. Sedangkan  indikator kinerja layanan diukur menggunakan  Key Performance Indikator (KPI) BLU.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  dampak pandemi COVID-19 terhadap  kinerja layanan dan keuangan BLU melalui analisis PLOT  rasio POBO dan KPI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif dengan pendekatan analisis data sekunder diperdalam melalui wawancara. Sampel penelitian adalah data rasio POBO dan KPI dari 201 BLU   atau 82.72 persen  total  BLU di Indonesia. Hasil penelitian menunjukan bahwa diprediksi  78 persen  BLU Kesehatan, 46 persen BLU Pendidikan, dan 47 persen  BLU Rumpun Lainnya mengalami penurunan signifikan pada kinerja keuangan dan   kinerja layanan. Namun di beberapa BLU, justru mengalami peningkatan  seperti pada BLU pengelola dana. Implikasi penelitian mengungkapkan  bahwa mayoritas terjadi penurunan baik kinerja keuangan dan kinerja  layanan  sebagai  akibat dampak COVID-19. Temuan penelitian ini memberikan  masukan terhadap pengelolaan   BLU di Indonesia dalam menyusun strategi  kebijakan operasional dalam menghadapi  pandemi ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Putra, D. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Kinerja Keuangan dan Kinerja Layanan Badan Layanan Umum di Indonesia. Jurnal Manajemen Perbendaharaan, 1(1), 51-67. https://doi.org/https://doi.org/10.33105/jmp.v1i1.344
Section
Articles