Dampak Covid-19 Terhadap Kinerja Keuangan dan Kinerja Layanan Badan Layanan Umum di Indonesia
Main Article Content
Abstract
Pandemi COVID-19 berdampak turunnya kinerja layanan dan keuangan mayoritas satuan kerja Badan Layanan Umum (BLU) di Indonesia. Indikator kinerja keuangan diukur menggunakan rasio pendapatan operasional belanja operasional yang dikenal dengan istilah rasio POBO. Sedangkan indikator kinerja layanan diukur menggunakan Key Performance Indikator (KPI) BLU. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pandemi COVID-19 terhadap kinerja layanan dan keuangan BLU melalui analisis PLOT rasio POBO dan KPI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif dengan pendekatan analisis data sekunder diperdalam melalui wawancara. Sampel penelitian adalah data rasio POBO dan KPI dari 201 BLU atau 82.72 persen total BLU di Indonesia. Hasil penelitian menunjukan bahwa diprediksi 78 persen BLU Kesehatan, 46 persen BLU Pendidikan, dan 47 persen BLU Rumpun Lainnya mengalami penurunan signifikan pada kinerja keuangan dan kinerja layanan. Namun di beberapa BLU, justru mengalami peningkatan seperti pada BLU pengelola dana. Implikasi penelitian mengungkapkan bahwa mayoritas terjadi penurunan baik kinerja keuangan dan kinerja layanan sebagai akibat dampak COVID-19. Temuan penelitian ini memberikan masukan terhadap pengelolaan BLU di Indonesia dalam menyusun strategi kebijakan operasional dalam menghadapi pandemi ini.